8 Cara Bermain Piano Paling Mudah Dan Praktis Bagi Para Pemula


Piano merupakan alat salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan dengan jari yang terdiri dari kombinasi penekanan yang berbeda. Untuk memainkan piano ini dibutuhkan koordinasi tangan serta kaki yang cukup baik sehingga memag terlihat agak sulit bagi para pemula. Untuk memainkan piano ini, ada beberapa cara bermain piano paling mudah sehingga anda akan dapat terbiasa dan mahir dalam memainkan piano.

Dan berikut ini ada berberapa teknik dasar tentang cara bermain piano paling mudah yang bisa dilakukan oleh kalian yang ingin belajar piano dengan mudah. Diantaranya adalah:

cara bermain piano paling mudah

  1. Mainkan piano dengan bentuk posisi tangan yang baik. Posisi tangan menjadi hal yang penting dalam memainkan piano. Dengan menentukan bentuk posisi tangan yang baik dan sesuai, anda bisa menguasai teknik – teknik yang sulit dalam bermain piano.
  2. Memainkan piano dengan gerakan yang berbada. Agar tercipta suatu koordinasi yang baik dalam memainkan piano, maka anda perlu berlatih memainkan piano dengan gerakan yang berbeda – beda secara rutin.
  3. Mengenal kunci nada. Kunci nada pada piano terdiri dari beberapa chord seperti c, f, g, am, dm, em, dan lain sebagainya. Untuk mengenal kunci nada piano sebaiknya dimulai dari nada mayor sampai ke nada minor.
  4. Berlatih meletakkan jari piano. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa chord yang tidak hanya dimainkan oleh tiga jari saja, tapi ada juga yang memerlukan empat jari untuk menekannya contohnya seperti chord cm7.
  5. Berlatih melemaskan jari. Latihan pelemasan jari bisa dilakukan dengan berlatih hord memainkan chord satu ke chord lainnya sehingga jari menjadi terbiasa dengan chord piano yang ada sehingga jari anda tidak kaku dalam bermain piano. Lakukan secara perlahan, karena dalam bermain piano yang perlu diperhatikan adalah menetapkan akurasi nada, irama, dan jari. Kecepatan tangan akan muncul dengan sendirinya jika anda telah menguasai gerakan tangan secara akurat.
  6. Berlatih dengan memainkan lagu. Pilihlah lagu yang anda sukai, dan kemudian tentukan jenis musiknya berdasarkan ketukan pada drumnya. Agar lebih mudah dalam mempelajari lagu, awali lagu dengan kunci nada c untuk lagu yang jenisnya mayor. Sedangkan untuk lagu yang jenusnya minor, anda dapat mengawali dari nada kunci am.
  7. Berlatih menetapkan irama dan menghitung ketukan. Dengan berlatih menetapkan pola irama dan menjaga ketukan yang tepat, maka akan membantu anda untuk berkonsentrasi dan dapat mengatur tempo permainan dengan lebih fleksibel.
  8. Berlatih secara rutin. Untuk mengasah teknik anda dalam bermain piano, maka berlatihlah secara rutin selama beberapa jam. Jika sudah terbiasa dengan koordinasi tangan, maka cobalah untuk melatih koordinasi kaki anda dalam menginjak pedal.

Itu tadi beberapa teknik cara bermain piano paling mudah yang bisa anda lakukan agar anda bisa menjadi pianis yang handal. Berlatihlah secara rutin dan asah terus kemampuan bermain piano anda. Semoga bermanfaat.