12 Tips Cara Bermain Catur Secara Cepat Dan Tepat, Nomor 1 Penting


Catur merupakan permainan yang banyak digemari oleh masyarakat karena permainan ini memerlukan strategi yang matang untuk bisa mengalahkan lawannya dengan cepat dan tepat. Dalam permainan catur, setiap langkahnya menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan cermat. Karena jika sampai salah langkah maka akan menjadi fatal akibatnya. Maka dari itu diperlukan teknik cara bermain catur secara cepat dan tepat dalam bermain catur agar dapat memenangkan permainan catur dengan cepat.

Ada beberapa tips, dan trik cara bermain catur secara cepat yang perlu anda perhatikan dan bisa anda praktikkan saat bermain catur, sehingga anda bisa memenangkan permainan catur dengan lebih cepat. Diantaranya yaitu:

cara bermain catur secara cepat

  1. Perhatikan waktu yang bisa digunakan dalam bermain catur. Jadi misalkan permainan berdurasi 90 menit dalam 30 langkah, maka waktu yang perlu dialokasikan adalah 90 / 30 = 3 menit/langkah
  2. Awali permainan dengan langkah yang elegan, bisa dengan satu pion bergerak dua langkah atau bisa dua pion di kiri dan kanan masing – masing satu langkah.
  3. Posisi pion diusahakan agar tetap terhubung satu sama lain, pion jangan sampai dibiarkan dalam posisi yang bebas.
  4. Dalam bermain, lebih baik jalankan kuda terlebih dahulu sebelum menjalankan gajah, karena langkah kudan dapat memudahkan anda untuk mengobrak – abrik pertahanan lawan. Dan jika menggerakkan kuda lebih baik lakukan ke samping kanan atas, untuk memberi gerakan pada benteng.
  5. Jalankan gajah sebelum benteng, ini berfungsi untuk melindungi pion dan mengecoh lawan.
  6. Sebisa mungkin untuk mendahulukan menggerakkan benteng sebelum menteri, agar menjadi pertahanan terakhir bagi raja.
  7. Jalankan menteri untuk mengacaukan strategi lawan. Tapi jangan sampai langkah menteri anda menjadi terkunci, karena dalam beberapa kasus skakmat juga bisa terjadi jika menteri terkunci pergerakannya.
  8. Usahakan untuk menjaga pion sebisa mungkin untuk menjaga pion, karena itu akan sangat berguna di masa akhir pertandingan.
  9. Hindari men-skak raja dengan cepat. Tunggu momen yang benar – benar tepat untuk skak.
  10. Hindari memosisikan bidak secara berdekat – dekatan, agar tidak menyulitkan posisi anda sendiri.
  11. Setiap nyawa dalam catur sangat berharga. Maka dari itu usahakan untuk tidak mengorbankan bidak anda.
  12. Bermainlah dengan tenang dan bersikaplah seperti pemain profesional. Karena hal itu bisa membuat lawan anda menjadi minder.

Demikian tips dan trik cara bermain catur secara cepat yang bisa anda lakukan agar anda dapat memenangkan catur. Semoga sukses dan berhasil.