Trik Cara Bermain Rubik Dengan Mudah Dan Cepat


Rubik merupakan salah satu permainan asah otak berbentuk kubus yan terdiri dari beberapa kotak dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari yang 3x3 atau 4x4. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menyusun semua warna tersebut sehingga masing – masing bagian kotak tersebut tersusun dengan deret warna yang sama. Namun untuk yang tidak tahu caranya menysun rubik ini, tentu akan sangat sulit untuk menyelesaikan rubik ini.

Untuk menyelesaikan rubik ini, sebenarnya ada trik khusus tentang cara bermain rubik dengan mudah sehingga rubik dapat diselesaikan dengan cepat. Nah, kali ini saya akan bagi trik cara bermain rubik dengan mudah untuk menyelesaikan rubik 3x3 yang bisa anda lakukan. Ada bagian – bagian rubik yang perlu diketahui, yaitu bagian center, corner, dan edge. Selain itu ada 3 layer (lapisan) pada rubik. Yaitu layer 1 di bagian atas, layer 2 di bagian tengah, dan layer 3 di bagian bawah. Dalam trik rubik, ada beberapa arah pergerakan dalam menggerakkan rubik yaitu:


cara bermain rubik dengan mudah

R  : memutar sisi kanan searah jarum jam
R’ : memutar sisi kanan berlawanan jarum jam
L   : memutar sisi kiri searah jarum jam
L’  : memutar sisi kiri berlawanan jarum jam
U   : memutar sisi atas searah jarum jam
U’  : memutar sisi atas berlawanan jarum jam
D   : memutar sisi bawah searah jarum jam
D’  : memutar sisi bawah berlawanan jarum jam
F    : memutar sisi depan searah jarum jam
F’   : memutar sisi depan berlawanan jarum jam
B    : memutar sisi belakang searah jarum jam
B’   : memutar sisi belakang berlawanan jarum jam

Jika ada angka 2 di setelah keterangan di atas maka artinya rubik harus berputar 1800. Contoh b2, artinya memutar sisi belakang sebanyak 2 kali atau 1800. Langkah – langkahnya yaitu:
  1. Membuat cross putih dengan center berwarna kuning. Caranya adalah cari sisi center berwarna kuning. Kemudian cari sisi edge berwarna putih, lalu satukan hingga warna putih membentuk cross (+). Kemudian lihat warna sisi edge yang bersebelahan dengan masing – masing edge putih tadi. Misal terdapat edge warna biru, maka sisi tersebut disejajarkan dengan center yang berwarna sama, kemudian putar 2 kali menuju sisi center berwarna putih, sehingga terbentuklah cross berwarna putih, dan kemudian posisikan cross tersebut ke layer bawah.
  2. Menyelesaikan layer bagian bawah (layer 3). Setelah cross putih tadi berada di layer bawah, cari semua sisi corner berwarna putih. Lalu lihat warna yang ada di sebelah corner putih tersebut, dan posisikan warna tersebut dengan warna yang sama di bagian center layaer dua, sehingga posisinya sejajar diagonal. Rumus yang digunakan untuk mencpai posisi tersebut adalah r u r’ bagi yang corner putihnya berada di kanan, l u l’ bagi yang putihnya berada di kiri. Jika corner putih berada di bawah, maka harus dipindah ke atas dulu baru kemudian gunakan rumus sebelumnya sesuai dengan arah cornernya. Dan jika putih berada di atas, maka pindahkan dulu posisinya ke bawah dan gunakan rumus r u2 r’ dan lakukan rumus yang tadi.
  3. Selesaikan layer kedua (tengah). Posisikan warna putih tadi di layer bawah. Kemudian cari edge yang tidak terdapat warna kuning. Setelah itu posisikan warna yang menghadap ke atas dipindahkan ke sisi yang berwarna sama. Rumus yang dipakai adalah u’,l’,u,l,u,f,u’,f’ jika warna tersebut berada di kiri, dan jika di kanan gunakan rumus u,r,u’,r’,u’,f’,u’,f. Dan jika terdapat warna pada posisi atas yang tepat berada di bawah warna yang sama, maka  gunakan rumus yang sama sesuai posisinya. Lakukan langkah tersebut pada 4 sisinya.
  4. Buat cross warna kuning di sisi atas. Jika langkah di atas telah dilakukan, maka anda perlu menggunakan salah satu dari rumus di bawah ini sesuai dengan keadaan rubiknya.

    jika terdapat kondisi satu titik di center, maka gunakan rumus f,r,u,r’, u’,f’,f,r,u,r’,u’,f’.  F kecil (f) ini menandakan bahwa 2 layer harus diputar sekaligus.
    jika terdapat kondisi garis lurus, maka gunakan rumus f,r,u,r’,u’,f’
    jika terdapat kondisi berbentuk l, maka gunakan rumus f,r,u,r’,u’,f’

  5. Setelah itu kemudian ratakan sisi atas dengan warna kuning, yaitu dengan menggunakan rumus r,u,r’,u,r,u2,r’.
  6. Buat layer atas berorientasi, artinya jika misalkan ada sisi hijau maka corner juga harus berwarna hijau, dan juga warna lainnya. Taruh bagian sisi yang sudah jadi di bagian kiri. Dan di bagian kanan gunakan rumus r,u2,r’,u’,r,u2,l’,u,r’,u’,l.
  7. Taruh sisi yang sudah jadi di bagian belakang. Dan jika masih ada sisi yang mempunyai satu edge yang berbeda, maka gunakan rumus f2,u,l,r’,f2,l’,r,u,f2 jika berpindahnya searah jarum jam. Jika berpindah dengan berlawanan arah jarum jam, maka gunakan rumus f2,u’,l,r’,f2,l’,r,u’,f2.
Itu tadi trik – trik khusus cara bermain rubik dengan mudah dan yang bisa anda coba. Good luck!!